Home Berita Optimalkan Potensi, Karang Taruna Banten Lakukan Penguatan SDM Kewirausahaan dan Perdagangan

Optimalkan Potensi, Karang Taruna Banten Lakukan Penguatan SDM Kewirausahaan dan Perdagangan

by Slyika

SERANG – Anggota Karang Taruna Banten lakukan penguatan Sumberdaya Manusia (SDM) Kewirausahaan dan pemetaan potensi usaha di Banten, di Cafe Kebon Cau, Kota Serang, Jum’at (15/10/2021). Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah untuk menangkap peluang usaha potensial yang bisa dikelola oleh anggota Karang Taruna.

Wakil Ketua IV Karang Taruna Banten, Bidang Industri, Pariwisata & Perdagangan A. Dadan Suryana mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini selain penguatan SDM juga sebagai bentuk silaturahmi dan konsolidasi Pra Rakerda Bidang IV (Industri, Kewirausahaan dan Perdagangan ) Karang Taruna Provinsi Banten.

“Kegiatan ini untuk memetakan potensi SDM anggota Karang Taruna Banten yang selama ini bergerak di bidang Industri, Kewirausahaan dan Perdagangan, baik level UMKM dan juga usaha skala besar,” kata A. Dadan Suryana, Sabtu (16/10/2021)

Menurutnya, memetakan peluang usaha potensial hal yang sangat penting untuk memungkinkan bisa ditangkap dan dikelola oleh anggota karang taruna.

“Karang Taruna Banten, melalui Bidang IV ini berusaha menjadi akselerator sisi akses penunjang bagi kelancaran usaha para anggota Karang Taruna yg selama ini berprofesi sebagai pelaku usaha, baik dari akses permodalan dengan perbankan, regulasi pemerintah, dukungan pemerintah, peningkatan kapasitas skill bisnis, suply bahan baku, akses pasar, pola distribusi logistic,” ujarnya.

Kegiatan ini juga sebagai usaha Karang Taruna Banten, membukakan jaringan bisnis baik antar sesama Anggota Karang taruna atau dengan mitra-mitra yang relevan dengan kegiatan usaha yang tengah dijalankan.

“Melalui badan yang kami miliki di Karang Taruna Banten, yaitu Direktorat Pusat Inkubator Bisnis & Direktorar Taruna Wira Usaha (TAWIRA), kami sedang berproses menciptakan ekosistem usaha yang dapat saling melengkapi dan saling menguntungkan antar anggota karang taruna,” ujar Dadan.

Sementara itu,  Direktur Pusat Inkubator Bisnis Karang Taruna Banten Ari Muhammad, mengatakan kegiatan yang dilakukan ini juga untuk mengkonsolidasikan ide-ide dan gagasan sebagai bahan program kerja resmi.

“Beberapa gagasan dari anggota ini,  akan kami tetapkan pada Rapat Kerja Daerah Karang Taruna yang akan kami gelar InsyaAllah Bulan Depan, sesuai dengan arahan Ketua Karang Taruna Provinsi Banten Bung H. Andika Hazrumy,” kata Ari. (abd)

You may also like

Leave a Comment