Home Berita PKB-Gerindra Daftar ke KPU, Diawali Khataman Quran dan Start dari Masjid Sunda Kelapa

PKB-Gerindra Daftar ke KPU, Diawali Khataman Quran dan Start dari Masjid Sunda Kelapa

by Slyika

JAKARTA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara bersamaan pada hari ini, Senin (8/8/22).

Pendaftaran kedua partai yang sebelumnya sudah sepakat untuk berkoalisi ini dilakukan pada hari baik dalam kalender Islam, bertepatan dengan tanggal 10 Muharram 1444 H.

“Hari ini tanggal 10 Muharram dalam kalender Islam, jam 15.00 WIB kami PKB akan daftar ke KPU bersama Partai Gerindra. Ini hari baik, pada 10 Muharram umat Muslim juga dianjurkan untuk berpuasa sunnah Asyura, puasa yang sangat mulia setelah Puasa Ramadhan. Ini bulannya Allah SWT,” kata Gus Jazil- sapaan akrab Jazilul Fawaid.

Selain dilakukan pada hari mulia, sebelum pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga dilakukan sejumlah prosesi sakral.

Gus Jazil mengatakan, siang ini di Kantor DPP PKB digelar khataman Alquran 30 juz.

“Kita ingin pendaftaran dilakukan pada hari baik, dan agar diberikan keberkahan, sebagai partai yang didirikan oleh para ulama kita awali dengan khataman Alquran 30 juz dan doa bersama di Kantor DPP PKB,” tuturnya.

Sementara titik start sebelum ke Kantor KPU di Jalan Imam Bonjol Jakarta, dimulai dari tempat suci nan bersejarah, yakni di Masjid Sunda Kelapa.

Selain karena titiknya dekat dengan Kantor KPU, Masjid Sunda Kelapa juga merupakan masjid kuno bersejarah yang dibangun pada era pascakemerdekaan Tahun 1960.

Disana merupakan salah satu tempat penyebaran agama Islam sejak tempo dulu.

“Jadi kita mendaftar bareng Gerindra sebagai rekan partai koalisi kita, dilakukan di hari baik, dari tempat yang baik masjid, dan diawali dengan cara yang baik khataman Alquran. Insyaallah berkah dan semoga kita mencapai kemenangan pada Pemilu 2024 nanti,” katanya.

Nantinya, massa kedua partai juga akan berjalan bersama-sama longmarch dari Masjid Sunda Kelapa dan dimeriahkan marching band.

Prosesi pendaftaran yang dilajukan dengan cara sakral ini, menurut Gus Jazil, semacam soft launching koalisi PKB dengan Gerindra.

“Nanti Gus Muhaimin akan jalan bareng dengan Pak Prabowo menuju Kantor KPU,” tuturnya.

Apakah ini sebagai tanda Gus Muhaimin resmi berpasangan dengan Ptabowo? “Ini soft launching lah. Yang jelas kita sepakat berkoalisi, capres-cawapres dari internal partai dan Gus Muhaimin dan Pak Prabowo adalah dua kader terbaik di masing-masing partai. Soal siapa capres siapa cawapres, itu teknis berikutnya kita bicarakan. Sekarang daftar dulu, mohon doa semuanya semoga lancar dan sukses,” papar Gus Jazil.

Diketahui, hari ini ada sejumlah partai yang mendaftar ke KPU. PKB dan Gerindra mendapatkan waktu bersamaan pukul 15.00 WIB. Ada pula Partai Hanura dan Partai Republiku. (boy)

You may also like

Leave a Comment