Home Sport Jakarta Water Polo 2023, Cikal Bakal Liga Polo Air Asia Tenggara

Jakarta Water Polo 2023, Cikal Bakal Liga Polo Air Asia Tenggara

by Slyika

JAKARTA – Kolam Polo Air di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, mendadak ramai dengan hadirnya puluhan remaja, Sabtu, (20/5/23).

Mereka bertanding dalam kejuaraan bertajuk Jakarta Water Polo Invitational Tournament 2023 untuk kategori usia 16 tahun ke bawah.

Event ini digagas JAQ Foundation milik perenang nasional Wisnu Wardhana.

Kejuaraan ini diikuti lima klub besar di tanah air klub Tirta Merta Bandung, JAQ Water Polo, PRIM Medan, Purwakarta WP Klub, Bina Taruna Jakarta.

“Dalam SEA Games 2023 polo air putra mendapat perak dan putri perunggu. Sudah saatnya kita melajukan pembinaan untuk bisa bersaing di level Asia Tenggara dan menuju Asia,” jelas Wisnu.

“Dengan adanya kompetisi, maka akan muncul atlet-atlet muda berprestasi,” lanjutnya.

Ketua Umum PB PRSI, Anindya Bakrie juga datang langsung memberikan motivasi kepada para atlet polo air junior ini. Anin berharap akan lahir bibit-bibit muda yang bisa diandalkan.

Pagelaran Jakarta Water Polo ini ternyata juga sampai ke telinga negara tetangga Singapura yang sangat mendominasi polo air di Asia Tenggara.

Ting Kum Luen, pemilik salah satu klub polo air terbesar di Singapura, Pacer Waterpolo Academy Singapore, khusus datang ke Jakarta untuk meninjau langsung kejuaraan.

“Saya sangat suka pembinaan poolo air bisa berjalan, khsususnya di Indonesia. Ini sangat bagus, ada kompetisi yang dilakukan para remaja,” jelasnya.

“Tentu imbasnya akan baik untuk perkembangan polo air dan juga timnas. Saya rasa kalau kompetisinya rutin, maka akan tercipta atlet yang bagus,” ujar Ting.

Jakarta Waterpolo Tournament ini dalam satu tim boleh dicampur pria dan wanita. Mereka bertanding menggunakan sistem round robin dan bertanding sebanyak empat kali.

Selanjutnya akan digelar bulan Juli dan Desember 2023.

“Tahun depan kita akan menggelar Liga polo air Asia Tenggara dan sebagai langkah awal akan diikuti Indonesia, Singapura dan Thailand,” tutur Wisnu.

You may also like

Leave a Comment