Home Berita Sumsel Operasikan Laboratorium Bergerak Untuk Cegah Kluster Covid 19

Sumsel Operasikan Laboratorium Bergerak Untuk Cegah Kluster Covid 19

by Slyika

PALEMBANG – Balai Tehnik Lingkungan dan Penanganan Penyakit Palembang mulai mengoperasikan mobil laboratorium bergerak dalam upaya untuk mencegah cluster covid 19 pada tanggal 10 Februari 2021.
Mobil laboratorium bergerak ini mampu layani 120 tes Covid 19 perhari. Terutama untuk daerah pelosok di Sumatera Selatan yang sulit dijangkau.

Mobil ini juga dilengkapi dengan dilengkapi alat untuk keperluan tes usap berbasis PCR tes cepat molekuler, mesin ekstraksi, reagen, serta peralatan pendukung lainnya dengan mobil laboratorium ini deteksi covid-19 dapat semakin mudah. kapasitas pemeriksaan di mobil lab, hasil pemeriksaan relatif cepat atau hanya memakan waktu selama empat jam saja.

Kepala BTPK-PP Palembang, imam Sjahbandi, mengatakan mobil lab ini mendekatkan pelayanan pemeriksaan dan mempercepat hasil dalam surveilans epidemiologi. Sebenarnya mobil lab ini tidak hanya untuk pemeriksaan covid-19 tetapi untuk penyakit lainnya seperti pemeriksaan DBD. Namun di masa pandemi mobil lab difungsikan sebagai pemeriksaan covid-19.

Tenaga analis yang ditugaskan dalam pengoperasian mobil lab tersebut yakni berjumlah sembilan orang. Kepala dinas kesehatan provinsi Sumsel, Lessty Nuraini, berharap mobil laboratorium berjalan ini dapat mempercepat pengendalian covid-19 di sumsel sebab dapat menjangkau daerah yang selama ini terkendala jarak untuk pemeriksaan.

Untuk mengendalikan penambahan kasus perlu meningkatkan kapasitas pemeriksaan. Saat ini pemeriksaan baru mencapai 500 pemeriksaan sedangkan untuk daerah hanya 96 pemeriksaan. Padahal target pemeriksaan mencapai 1.600 tes, karena pemeriksaan yang disyaratkan badan kesehatan dunia (who) cukup besar yakni satu tes per seribu penduduk.

You may also like

Leave a Comment