Home Berita Warga Sukamaju Bogor Gembira dengan Adanya PJU Tenaga Surya

Warga Sukamaju Bogor Gembira dengan Adanya PJU Tenaga Surya

by raden misward

BOGOR-Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) telah terpasang di wilayah Bogor.

Desa Sukamaju kecamatan Cibungbung Kabupaten Bogor, Jawa Barat sekarang wilayahnya telah terang dipasangi lampu jalan. Pemasangan lampu jalan ini merupakan titik awal PT Diaz Biro Persada memberikan bantuannya kepada masyarakat di seluruh pelosok Nusantara.

Pemasangan PJUTS ini merupakan langkah nyata dari PT Diaz Biro Persada untuk memasang sebanyak 60.000 titik sebagai tahap awal dari target pemasangan dari 200.000 lampu yang akan dipasang di seluruh Indonesia. Dan desa Sukamaju merupakan prioritasnya. Karena di area tersebut belum terdapatnya penerangan di jalan desa, fasilitas ibadah, musala, sekolah serta tempat pemakaman umum.

Masyarakat desa antusias dalam program pemasangan penerangan jalan umum tenaga surya ini karena sangat membantu roda perekonomian mereka dan aktifitas di malam hari khususnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Hj Cucum Ratna Suminar, Kepala Desa Sukamaju, Kecamatan Cibungbung Kabupaten Bogor, mengatakan, masyarakat sangat bersyukur sekali karena dapat beraktivitas dimalam hari. Sebelumnya di area pemakaman yang dilewati jalan utama ini sangat gelap sekali sehingga masyarakat kesulitan untuk mengaksesnya. Ini merupakan jalur perekonomian penghubung antar warga yang ada di sana antara pemukiman, warung dan jalan menuju pasar.

Pemasangan PJU Tenaga Surya.Foto Dok PT Diaz

Menurut rencana hari ini akan dilakukan pemasangan 10 titik lokasi PJUTS termasuk dikantor kepala desa di desa Sukamaju kecamatan Cibungbung kabupaten Bogor.

“Secara keseluruhan di desa kami akan mendapat jatah lampu PJUTS sebanyak 100 titik. Harapan kami dengan adanya PJUTS ini semoga PT Diaz Biro Persada lancar dalam menjalankan tujuan hibahnya ke desa kami,” ucapnya.

Masih menurutnya, pihaknya berharap tidak hanya desa Sukamaju saja yang diterangi oleh PJUTS tapi juga desa-desa yang terpencil yang lain. Dan desa terpencil inilah yang sangat membutuhkan sarana penerangan seperti ini.

“Harapan kami juga dengan dipasangnya lampu penerangan ini akan menaikan ekonomi warga khususnya di malam hari,” ucapnya.

Sementara itu, H Lukman, Main Kontraktor PJUTS mengatakan, penempatan titik pemasangan di kabupaten Bogor Barat sangat baik karena ditempatkan pada titik titik yang rawan kecelakaan dan rawan kejahatan.

“Seperti kita saksikan bersama kali ini kita melakukan pemasngan PJUTS di daerah pemakaman. Tentunya hal ini membantu masyarakat. Apalagi bila suatu saat ada warga sekitar meninggal dunia dan harus segera dimakamkan di malam hari,” ucapnya.

Pemasangan PJUTS merupakan program Desa Terang Menuju Indonesia Maju yang sejalan beriringan dengan program Nawacita Pemerintah.

You may also like

Leave a Comment