Home Berita Kado Untuk YKAKI, Program Good Doctor Guna Mendukung Keluarga Anak Penderita Kanker

Kado Untuk YKAKI, Program Good Doctor Guna Mendukung Keluarga Anak Penderita Kanker

by Slyika

JAKARTA – Anak penderita kanker termasuk yang paling rentan terhadap virus COVID-19, karena sistem kekebalan tubuhnya terganggu akibat penyakit kronis yang dideritanya. Untuk itu, Good Doctor melalui program “Kado Untuk YKAKI” memberikan donasi sebanyak 43.000 masker kepada YKAKI.

dr. Haridini Intan Setiawati Mahdi, Sp.A (K), salah satu dokter spesialis yang telah memberikan perawatan kepada pasien kanker anak melalui program “Kado untuk YKAKI” dari Good Doctor mengatakan, “Pandemi COVID-19 sangat mengganggu perawatan kanker anak di seluruh dunia. Dampak yang paling menonjol terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, seperti Indonesia. Oleh karena itu, semakin banyaknya penyedia layanan telemedicine memainkan peran penting dalam membantu praktisi kesehatan seperti saya, untuk memastikan bahwa pasien kanker masih dapat berkonsultasi dengan dokter mereka secara virtual dengan nyaman dari rumah mereka sendiri. Saya sangat menghargai dukungan Good Doctor melalui “KADO untuk YKAKI” untuk memberikan solusi bagi keluarga pasien kanker anak dalam bentuk konsultasi dan pelayanan dokter gratis tanpa harus berisiko terkena virus saat mengunjungi fasilitas kesehatan. Bagi yang harus menjalani kemoterapi, harus tetap berobat ke rumah sakit dengan menerapkan 5M.”

Pandemi mengakibatkan banyak perubahan sektor pelayanan kesehatan, yang mempengaruhi tata cara rumah sakit dalam pemberian perawatan kanker, terutama bagi pasien kanker anak. Dalam jurnal The Lancet yang memuat hasil studi cross-sectional tentang “Pengaruh Pandemi COVID-19 pada Perawatan Kanker Anak” yang diterbitkan pada 1 Mei 2021 yang melibatkan 311 tenaga kerja kesehatan profesional di 213 institusi di 79 negara anggota WHO sebagai responden, tercatat bahwa daftar periksa rumah sakit harus diperbarui atau disesuaikan, proses komunikasi dengan pasien dan keluarga juga berubah, dan pedoman untuk layanan penting bagi pasien kanker anak pun harus direvisi. Perubahan dan penyesuaian ini dilakukan sebagai efek pandemi.1 Studi tersebut menunjukkan bahwa cara alternatif sangat dibutuhkan untuk memberikan perawatan medis bagi pasien kanker anak untuk melindungi mereka dari risiko terpapar COVID-19. Di sinilah pelayanan telemedis dapat memberikan peran integral dalam mengurangi konsultasi tatap muka antara dokter dan pasien kanker anak.

“Di Good Doctor, kami selalu percaya bahwa perawatan kesehatan harus dapat diakses oleh setiap keluarga, terutama selama masa sulit pandemi seperti sekarang. Dengan memiliki support system yang kuat, anak-anak yang sedang melawan kanker bisa lebih bersemangat dan memiliki impian besar untuk masa depannya. Melalui program “KADO untuk YKAKI” kami ingin terus mendorong inisiatif peningkatan kualitas pelayanan kesehatan bagi anak penderita kanker dan keluarganya di YKAKI,” tambah dr. Adhiatma Gunawan.

Sebagai platform penyedia layanan kesehatan dalam jaringan terkemuka, Good Doctor memiliki lebih dari 600 dokter spesialis dari 26 departemen spesialisasi klinis yang berbeda, termasuk spesialis dalam perawatan kanker anak, yang dapat diakses setiap saat di aplikasi. Good Doctor terus meningkatkan layanan online di aplikasi dan menyediakan akses ke jaringan tenaga medis yang terus bertambah yang siap membantu masyakat terkait berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit kronis. (slyika)

You may also like

Leave a Comment