Home Selebritis Jordan Rakei Umumkan Album Terbaru Berjudul We Call Life

Jordan Rakei Umumkan Album Terbaru Berjudul We Call Life

by Slyika

JAKARTA – Multi-instrumentalist, vokalis, produser, dan penulis lagu Jordan Rakei hari ini mengumumkan album keempatnya, ‘What We Call Life’, yang dirilis 17 September 2021 mendatang melalui Ninja Tune. Di album ‘What We Call Life’, Jordan menyelami semesta yang telah ia buat lewat musiknya lebih dalam, memadukan warna elektronik dan akustik, serta musik penuh groove dan atmosferik, untuk menciptakan sebuah karya yang lebih kaya, detail, dan penuh tekstur.

Seseorang yang mempraktekan meditasi dan sikap mindfulness, Jordan selalu ingin tahu efek dari terapi terhadap proses pencarian jati diri. Melalui proses tersebut, Jordan kemudian mempelajari berbagai sifat dan kecemasannya, serta membahas fobia uniknya terhadap burung — sebuah ketakutan yang sering
dikaitkan dengan ketidakpastian dan hal-hal yang asing, yang kemudian ditelaah lebih lanjut dalam album terbarunya dari segi visual dan arahan kreatif. “Di tengah proses pengerjaannya, aku menyadari betapa aku suka untuk membicarakan hal-hal yang aku pelajari selama proses terapi dalam musikku: tentang masa kecilku, hubunganku dengan kedua orang tuaku dan saudara-saudaraku, hidup sendiri di London, dan rasanya berada dalam sebuah perkawinan, memahami perbedaan dari perkawinanku dengan hubungan yang kedua orang tuaku miliki,” ujar Jordan.

Tema-tema yang lekat dengan pencarian jati diri tersebut melahirkan lagu-lagu di album terbarunya termasuk single “Family” yang Jordan sebut sebagai lagu “paling personal” sepanjang karirnya dari segi lirik. Mengenai “Family”, Jordan mengungkapkan, “Aku ingin benar-benar jujur. Lagu ini tentang perceraian kedua orang tuaku saat aku masih remaja dan bagaimana aku masih mencintai mereka berdua apa pun yang terjadi,” Cover album ‘What We Call Life’ adalah hasil karya dari seniman visual Justin Tyler Close (yang telah berkolaborasi dengan Laura Marling) yang merasa terhubung dengan tema-tema yang Jordan bahas di album terbarunya.

Karya melankolis tersebut dengan apik mencerminkan judul album Jordan, sebuah pertanyaan yang Jordan kerap tanyakan kepada dirinya sendiri pada suatu periode
di masa kecilnya saat kecemasan kerap menghantuinya: Apakah ini kehidupan? Jauh dari rasa kekalahan, judul albumnya kini mempunyai nyawa baru yaitu sebuah pernyataan dari Jordan yang lebih bahagia, percaya diri, dan penuh keyakinan sebagai seorang manusia dan seniman.

Dengan banyaknya musisi yang terinspirasi oleh warna musiknya, sangatlah mudah bagi Jordan untuk tetap setia di jalur musiknya; namun, seperti halnya kehidupan, Jordan berkomitmen untuk membawa musiknya maju ke depan, meninggalkan berbagai warna yang ada di album ‘Origin’ (2019) miliknya. Membahas pertanyaan-pertanyaan yang muncul tentang bagaimana teknologi dan media sosial mengusik rasa kemanusiaan kita, album ‘Origin’ dihujani pujian dari sejumlah publikasi
termasuk The Observer, Mixmag, Complex, dan GQ, mendapatkan sambutan hangat dari Elton John, membuka jalan Jordan berkolaborasi dengan ikon rap Common, dan membawa Jordan ke Tiny Desk Concert dari NPR.

Sering berkolaborasi dengan musisi-musisi lain, Jordan kerap diasosiasikan dengan teman-teman sesama musisi-nya seperti Loyle Carner (musisi yang menulis, memproduseri, dan tampil bersamanya di lagu “Ottolenghi” dan lagu “Loose Ends” yang menampilkan Jorja Smith), Tom Misch, dan Alfa Mist. Jordan juga telah berkolaborasi dengan Nile Rodgers dan Terrace Martin (produser dari Kendrick Lamar, Snoop Dogg, dan Herbie Hancock). (slyika)

You may also like

Leave a Comment