Kembangkan Potensi Wisata, Pemkab Lahat MoU Aplikasi Giwang Sumsel

by Slyika

LAHAT – Pemkab Lahat melakukan penandatangan MoU aplikasi Giwang Sumsel yang dilakukan Bupati Lahat Cik Ujang, SH dengan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal di Ops Room, Rabu, (15/9/21).

Bupati Lahat didampingi Wakil Bupati H. Haryanto, SE, MM, Pj. Sekretaris Daerah Lahat Drs. Deswan Irsyad, Stafsus Bupati Bidparekraf Mario, Kadispar Sri Muliati, SH, Ketua Masata Lahat Ahmad Barmawi, Kabid Kebudayaan Bambang Aprianto, Kabag Hukum Aristoteles para kabid dan kasie Dinas Pariwisata Kabupaten Lahat.

Bupati Lahat menyambut baik kedatangan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel beserta tim dan minta dukungan dalam pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Lahat.

Selanjutnya Cik Ujang juga menyampaikan, akan mengembangkan terus pariwisata Kabupaten Lahat seperti infrastruktur, daya tarik wisata dan homestay.

Menurutnya, sektor pariwisata akan terus berkembang dan berbeda dengan sektor tambang serta migas yang akan habis.

Kabupaten Lahat akan terus mengejar ketertinggalan dengan daerah lain. Cik Ujang juga menyampaikan agar insan pariwisata dan masyarakat Lahat harus dapat melayani dan memberikan yang terbaik terhadap wisatawan yang datang ke Kabupaten Lahat.

“Budayakan untuk menerima wisata yang datang ke Lahat,” tegas Cik Ujang.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal datang ke Lahat dengan tim yang besar. Turut hadir sekretaris dinas, kabid promosi, kabid kebudayaan, stafsus gubernur bidang pariwisata Abdul Aziz Kamis, tenaga khusus gubernur bidang pariwisata Herlan Aspiudin.

Kemudian Sekjen Masata Sumsel Syarhan, GIPI Sumsel Shofwan Hadi, Masata Muara Enim Bang Jali, Masata Lubuklinggau Wawan dan tim Digital Marketing.

Aufa Syahrizal menjelaskan, Giwang adalah singkatan dari Genta Informasi Wisata Andalan yang Nyaman dan Gempita.

Giwang Sumsel ini merupakan aplikasi berbasis android yang nantinya akan menampilkan informasi wisata, kuliner, sejarah, hotel, pusat perbelanjaan, even, potensi wisata, budaya dan ekonomi kreatif yang ada di Sumsel.

Aplikasi Giwang yang terkoneksi dan terintegrasi antara kabupaten/kota dalam pemuktahiran database potensi budaya, pariwisata andalan dan ekraf se-Sumsel.

“Menjadikan Giwang Sumsel sebagai salah satu sistem informasi berbasis teknologi untuk media promosi,” jelasnya.

Setelah selesai penandatanganan MoU tim dari Provinsi ini dipandu oleh Stafsus Bupati Lahat Mario mengunjungi salah satu destinasi wisata Puncak Gugah.

Walaupun cuaca hujan tetapi tidak mengurangi minat mereka untuk menikmati keindahan Kota Lahat di sore atau malam hari dari ketinggian.

“Dari Puncak Gugah memang sangat indah untuk menikmati keindahan Kota Lahat juga ada fasilitas kolam renang, spot selfie, karaoke, cafe, wifi dan camping ground,” tutur Mario. (mario andramartik)

0 comment
1

Related Post

Leave a Comment