Home Lifestyle Pertama di Sumsel, Jungle Survival Camp di Taman Rekreasi Ribang Kemambang Lahat

Pertama di Sumsel, Jungle Survival Camp di Taman Rekreasi Ribang Kemambang Lahat

by Slyika

LAHAT – Pertama kalinya di Kabupaten Lahat bahkan di Sumatera Selatan (Sumsel)  dilakukan kegiatan Jungle Survival Camp.

Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 30–31 Oktober 2021 bertempat di Taman Rekreasi Ribang Kemambang, Lahat. Dipilihnya lokasi ini pertama untuk membantu mempromosikan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lahat.

Kedua lokasi ini gampang dijangkau dan ketiga lokasi cocok untuk kegiatan.

Peserta kegiatan ini selain yang berasal dari Kabupaten Lahat seperti dari Bukit Jukuh Kayu Kambing, Desa Sukaraja, Kecamatan Kota Agung yang baru-baru ini dikenal sebagai lokasi terbang paralayang juga peserta datang dari Pagaralam, Muara Enim, Prabumullih, OKI, Banyuasin dan Palembang.

Para peserta ada pelajar SLTA dan mahasiswa.

Kegiatan ini meliputi pelatihan navigasi darat, managemen perjalanan alam bebas, teknik survival gunung dan hutan, praktek survival dan sharing session terkait pendakian gunung.

Adapun pemberi materi kegiatan adalah para praktisi yang sudah mempunyai pengalaman di bidang masing berskala nasional seperti Arie Affandi yang dikenal dengan nama Oteq yang sangat berpengalaman di bidang survival dan juga sebagai penggiat wisata dan kopi.

Mamang seorang yang berpengalaman di bidang navigasi dan managemen perjalanan, pernah mendaki puncak tertinggi di Indonesia yaitu Puncak Jaya Wijaya atau dikenal juga dengan gunung Carstensz Pyramid.

Aaat ini aktif dalam pengembangan paralayang di Lahat. Selanjutnya Akmi Bonti seorang pendaki gunung dan penelusur gua.

Kegiatan Jungle Survival Camp ini merupakan kegiatan pertama yang diadakan di Kabupaten Lahat dengan maksud dan tujuan untuk memberikan pengalaman kepada para pecinta alam yang suka dengan petualangan di alam bebas dan mendaki bukit atau gunung dan susur gua.

Ketua kegiatan Jungle Survival Camp adalah putra Lahat yang sangat berpengalaman di bidang ini yaitu Pinanda Fajar Sakti.

Ketika masih menjadi mahasiswa di Yogyakarta pada tahun 2016 Fajar Sakti menjadi Ketua Penciptaan Rekor MURI Pemakaian Batik Tertinggi di dunia yaitu di Puncak Elbrus Gunung Elbrus yang merupakan sebuah gunung di Rusia, dekat perbatasan Georgia.

Gunung ini terletak di bagian selatan Rusia. Gunung ini memiliki ketinggian 5.642 m dan merupakan gunung terbesar di Rusia dan Eropa.

Pinanda Fajar Sakti selaku ketua kegiatan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Pariwisata kabupaten Lahat yang telah berkenan mengizinkan kegiatan ini dilaksanakan di Taman Rekreasi Ribang Kemambang dan Alhamdulillah kegiatan ini berjalan aman, lancar dan sukses walaupun masih terdapat beberapa kekurangan.

Kami berharap dapat melakukan kegiatan seperti ini lagi dengan jumlah peserta yang lebih banyak dan lebih meriah. Untuk yang pertama ini Alhamdulillah telah terlaksana demikian tutur pria yang juga sebagai pengiat dan pengusaha kopi. (mario andramartik)

You may also like

Leave a Comment