Home Ekonomi Wapres Ma’ruf Amin Dorong Perluasan Perdagangan Rempah ke Luar Negeri

Wapres Ma’ruf Amin Dorong Perluasan Perdagangan Rempah ke Luar Negeri

by Slyika

PARAPAT – Wapres KH Ma’ aruf Amin Membuka acara peringatan Hari Rempah Nasional (Indonesian Spices Business Forum and Expo) yang digelar selama dua hari, Jumat (10/12/21) hingga Minggu (12/12/21).

Acae berlangsung di Niagara Hotel Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumut.

Wapres mengatakan, Tuhan menganugerahkan alam Indonesia dengan berbagai jenis kekayaan rempah yang eksotis tumbuh di lingkungan masyarakat.

“Tuhan menganugerahkan alam Indonesia dengan berbagai jenis kekayaan rempah-rempah yang eksotis tumbuh di lingkungan masyarakat, jahe,  kunyit, pala, kemiri, cengkeh, lada, kayu manis, tembakau, dan bermacam rempah lainnya menjadi nilai semangat kebangsaan dan persatuan bangsa,” ujar Ma’ aruf, Jumat (10/12/21).

Wapres menambahkan, latar belakang pemilihan lokasi perayaan Indonesia Spices Business Forum and Expo (ISBFE) di Parapat, selain karena Danau Toba merupakan satu dari lima destinasi pariwisata super prioritas, juga merupakan pusat berbagai tanaman rempah yang pernah menjadi primadona ekspor pertanian.

Lima abad terakhir, kata wapres, Indonesia lebih banyak melakukan ekspor bahan mentah hasil perkebunan ke berbagai negara untuk diproses dipengolahan industri menjadi bahan baku, yang hasilnya diimpor kembali ke Tanah Air.

“Bertolak dari pemikiran di atas, sudah saatnya bangsa Indonesia memanfaatkan komoditas non migas sebaik-baiknya, sehingga mampu secepatnya keluar dari jebakan negara pengekspor bahan mentah, dan lepas dari ketergantungan pada produk-produk impor dengan mempercepat revitalisasi industri pengolahan,” sebutnya.

Acara dihadiri menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo, Gubsu Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hassanudin, Kapoldasu Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak, dan Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedt Arifianto.

Wapres Ma’a ruf Amin saat acara sempat meninjau stand pameran komoditi rempah dari berbagai daerah di Indonesia. (ricky fh)

Wapres KH Ma’ruf Amin didampingi Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Gubsu Edy Rahmayadi di Niagara Hotel Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Simalungun, Jumat (10/12/21). Foto/Ist

You may also like

Leave a Comment