Home Ekonomi Komitmen Bangun Pertanian Sulut, Kementan Luncurkan Minaesa

Komitmen Bangun Pertanian Sulut, Kementan Luncurkan Minaesa

by Slyika

MANADO – Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Manado lmeuncurkan sistem penyajian data dan informasi (dashboard) “Minaesa” atau Manado Information of Agriculture Single Data.

Kepala Karantina Pertanian Manado, Donni Muksydayan Saragih menyampaikan, diluncurkannya “Minaesa” adalah sebagai upaya menyajikan data dan informasi secara lengkap.

“Latar belakangnya adalah banyak pelaku usaha, masyarakat, pemerintah daerah dan pemerintah pusat yang membutuhkan data informasi dapat disajikan lengkap sehingga kami mengintegrasikan dari banyak data, data kami, data pemda, data di petani, kita gabungkan,” katanya saat lakukan prosesi peluncuran, Rabu (22/12/21).

Lebih lanjut, Donni mencontohkan, ketika dibutuhkan data tentang satu komoditas, maka bisa diketahui tentang informasi hulu dan hilirnya, seperti luas tanam, luas panen, sebarannya hingga perdagangannya.

Dikatakan Donni, pelatihan-pelatihan untuk operator di kabupaten dan kota sudah pernah dilakukan sebelum sistem data dan informasi tersebut diluncurkan.

“Pada akhirnya nanti bagaimana referensi masing – masing operator bisa mengelola data di daerah, sehingga yang lebih dikuatkan bagaimana dukungan kabupaten dan kota menyuplai data ke operator,” jelasnya lagi.

Donni juga mengatakan bahwa melalui Karantina Pertanian Manado juga terbuka untuk pengembangan sistem informasi data pertanian, sehingga ketika kabupaten dan kota membutuhkan penambahan data, pihaknya siap membantu.

“Artinya rumah sudah ada, dan bisa dilengkapi bersama, selanjutnya melegkapi data dari hulu, karena data hilirnya sudah bagus, ada elektronik sertifikat yang terus dimutakhirkan setiap hari,” ungkapnya.

Komitmen Bangun Pertanian di Sulut

Secara terpisah, Kepala Badan Karantina Pertanian, Ir. Bambang mengapresiasi dan mendukung peluncuran “Minaesa” guna penyajian sistem data dan informasi secara lengkap.

Bambang juga menuturkan peluncuran “Minaesa” sebagai penyajian sistem data dan informasi secara lengkap merupakan upaya mendukung program Gratieks Kementerian Pertanian yang digagas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL, red) sesuai dengan target pembangunan pertanian 2020 – 2024.

“Ini yang kita bangun, harapannya kita gunakan bersama untuk membangun pertanian di Sulut,” pungkasnya. (febidjanto)

You may also like

Leave a Comment