Diundang Watty Marciano, Motivator Aqua Dwipayana Siap Motivasi Tim Pelatda Baseball Banten

by Slyika

TANGERANG – Pakar komunikasi dan motivator nasional Dr Aqua Dwipayana siap menyuntikkan motivasi dan spirit bertanding tim baseball Provinsi Banten yang akan bertanding pada PON XX di Papua pada Oktober 2021 mendatang.

Penulis buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim itu akan memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada para atlet dan ofisial tim di APM Equestrian Center, Tiga Raksa Tangerang, Banten yang menjadi lokasi pemusatan latihan daerah (Pelatda) Tim Baseball Banten. Pelaksanaannya Senin malam ini, 16 Agustus 2021.

Dr Aqua yang juga merupakan Staf Ahli  Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Bidang Komunikasi Publik itu mendapat undangan dari manajer tim baseball Banten Watty Marciano.

“Saya menyambut positif undangan simpatik dari Ibu Watty untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi Tim Baseball Banten. Undangan ini menjadi kehormatan dan amanah bagi saya. Semoga apa yang akan saya sampaikan nanti memberikan manfaat dan dorongan mental bertanding kepada seluruh anggota tim, baik ofisial maupun atlet,” ungkap Dr Aqua.

Pria yang hobi silaturahim ini menambahkan telah mendapat gambaran Tim Baseball Banten. Banyak yang potensial bahkan ada sebagian yang telah berprestasi.

Untuk mewujudkan target medali emas di PON XX, kata Dr Aqua, selain rajin latihan bersama, kekompakkan tim harus menjadi perhatian utama. Ini harus diwujudkan karena secara signifikan pengaruhnya besar sekali untuk meraih prestasi.

Menurut doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) ini,  Pekan Olahraga Nasional (PON) Indonesia XX di Papua harus menjadi momentum dan simbol kebangkitan masyarakat Indonesia dari pandemi Covid-19.

”Pelaksanaan pentas olahraga multievent terbesar se-Indonesia itu juga sebagai bukti bahwa dalam kondisi seperti ini tetap semangat memajukan olahraga nasional. Salah satu penentu keberhasilan pelaksanaan PON dan juga upaya menunjukkan kebangkitan Indonesia di masa pandemi terletak pada atlet dan tim yang bertanding. Maka, setiap atlet dan tim harus menjadi teladan dalam menjalankan protokol kesehatan,” ungkap Dr Aqua.

Tekad Raih Emas
Bapak dua anak ini melanjutkan dalam setiap persiapan tim yang akan menuju sebuah event akbar pastilah selalu ada mengalami kendala.

Hal itu bisa berupa dana yang tidak ada atau minim, honorarium terbatas, kemudian anggota tim juga tidak sepenuhnya menjadi atlet karena juga ada yang berstatus pekerja atau siswa sekolah, sehingga kerap cabang olahraganya itu sendiri seolah tidak menjadi fokus.

“Namun demikian, kita tetap harus memiliki spirit kuat dan motivasi yang tinggi untuk dapat mengantisipasi semua kendala. Yang paling penting adalah kedepankan rasa bersyukur bahwa dalam situasi krisis akibat pandemi, setiap atlet masih diberikan kesehatan dan dapat menyiapkan diri menghadapi ajang besar olahraga. Rasa bersyukur akan menjadi awal bagi penguatan tekad dan spirit kita,” kata Dr Aqua yang memiliki jejaring pertemanan sangat luas serta meniatkan diri konsisten menjalankan silaturahim dan berbuat kebaikan sosial tersebut.

Berdasarkan penelusuran data, Tim Baseball Banten berdiri tahun 2002. Pada 2003, Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Banten mengirimkan tim Baseball ke Pra-PON 2003, tapi belum lolos.

Pembinaan usia dini Baseball Banten dimulai 2006 dan 2010 ikut Kejurnas U-18 pertama kali, tapi belum mencatat hasil optimal.

Salah seorang atlet pembinaan usia dini tersebut, Brian masih bertahan dalam tim inti sampai sekarang.

Pada 2011 ikut Pra-PON lagi dan menempati ranking ke-8 . Pada 2015 ikut Pra-PON kembali dan lolos ke PON setelah menempati peringkat ke-5. Anggota tim saat itu, Brian, Azfarhan, Ebro, dan Andersen tetap bergabung dalam tim yang saat ini menuju persiapan ke PON XX Papua.

Tim Baseball Banten bertekad meraih emas meski harus berhadapan dengan tim favorit seperti DKI Jakarta, Jabar, dan Lampung.

“Dengan kekompakkan tim dan dukungan banyak pihak, kami optimis meraih juara di PON XX. Saat ini tim sedang giat berlatih di
APM Equestrian Center, Tiga Raksa Tangerang. Rencananya hingga Selasa, 31 Agustus 2021,” jelas Watty.

Memompa Semangat
Istri dari Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman itu menambahkan sengaja mengundangan Dr Aqua untuk memotivasi Tim Baseball Banten karena meyakini kehadiran motivator ulung itu mampu memompa semangat timnya.

Apalagi selama ini pembicara di banyak kegiatan tersebut sudah sering memotivasi para atlet.

“Saya berharap kehadiran Pak Aqua bisa menyemangati seluruh Tim Baseball Banten. Sehingga saat pertandingan pada PON XX di Papua berhasil mendapatkan medali emas,” harap Watty.

Kepada Dr Aqua, Watty dan seluruh Tim Baseball Banten mengucapkan terima kasih atas berkenannya melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Mereka tahu selama pandemi Covid-19 itu jadwal pembicara laris tersebut padat.

Susunan Tim Baseball Banten menuju PON Papua:  Iriwatty Marciano (Manajer); Tony Pribadi (Head Coach), Ali Shaleh Al Ayuubi, Awaluddin Syahputra Ayub (Ast. Coach), dr zainal Muttaqien MARS (Ketum Pengprov Perbasasi Banten), Dewilisa Setiadarma (Dir. Baseball Pengprov), Bino Pasomara Hutagalung (Binpres Pengprov Perbasasi).

Para atlet Anhar Rachman, Dedi Utomo, Ali Nursanto, Ray T Santoso, Jesse Parengkuan, Jericho Gaffar, Azfarhan Munaf, Andersen Lim, Diva Reza Fabil, Yusep Firmansyah, Brian Matthew S, Nugraha Permana, R Ebro Hanindito, Dany Andhara Asmarakusuma, Rd Danika Sarottama, Nicholas Bhagasinsan. (mirza)

0 comment
1

Related Post

Leave a Comment