5 Makanan Ringan Kesukaan Anak yang Bisa Bunda Buat di Rumah

by Slyika

Siomai

Siomai adalah salah satu jenis dim sum. Dalam bahasa Mandarin, makanan ini disebut shaomai, sementara dalam bahasa Kanton disebut siu maai. Dalam dialek Beijing, makan ini juga dibaca shaomai.

Di Indonesia, siomai atau biasa disebut sebagai siomay identik dan dikenal sebagai makanan khas Jawa Barat, khususnya Kota Bandung.

Foto/Ilustrasi/Ist

Karena itu, di Indonesia, Anda akan banyak menemukan pedagang memberikan label “Siomay Bandung” sebagai nama dagangan mereka.

Dalam budaya kuliner Indonesia, siomai bisa dikategorikan sebagai jajanan pinggir jalan (streetfood), dan biasanya dijual dengan menggunakan gerobak. Namun, bunda dapat membuatnya sendiri di rumah karena mudah dan bahan-bahannya mudah didapat.

Pempek

Pempek atau empek-empek adalah makanan yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut yang dicampur tepung kanji atau tepung sagu, serta komposisi beberapa bahan lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa, dan garam.

Foto/Ilustrasi/Ist

Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka yang memiliki rasa asam, manis, dan pedas. Pempek sering disebut sebagai makanan khas Kota Palembang meskipun hampir semua daerah di Sumatra Selatan, Jambi dan Bengkulu juga memproduksinya.

Bakso

Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Foto/Ilustrasi/Ist

Mi Goreng/Rebus

Mi goreng berarti “mi yang digoreng” adalah hidangan mie yang dimasak dengan digoreng tumis khas Indonesia. Mi goreng juga populer dan juga digemari di Malaysia, dan Singapura.

Sedangkan mi rebus atau mee rebus adalah sebuah hidangan mi kuah dari Asia Tenggara, yang juga dikenal di Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Foto/Ilustrasi/Ist

Mi bisa digunakan juga untuk campuran bakso, pempek dan aneka masakan lainnya sehingga semakin bervariasi.

Donat

Donat adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula pasir, kuning telur, ragi roti, dan mentega.

Donat yang paling umum adalah donat dengan bentuk seperti cincin dan ada lubang di tengahnya, biasanya ditaburi dengan mesis atau gula halus.

Foto/Ilustrasi/Ist

Terlepas dari sejarahnya yang punya beragam versi, bisa dikatakan donat merupakan salah satu makanan yang memiliki penggemar cukup banyak, termasuk di Indonesia. (berbagai sumber)

0 comment
1

Related Post

Leave a Comment