Harga Cabe Merah Semakin Pedas, di Pasar Tembus Rp130 Ribu Sekilo

by Slyika

PEMATANGSIANTAR – Harga cabe merah kembali menggila di tingkat pedagang eceran pasar tradisional Kota Pematangsiantar, Sumut.

Informasi yang dihimpun dari sejumlah pedagang cabe di pasar Horas dan Sukadame, harga cabe merah sejak beberapa hari lalu menembus Rp130 ribu hingga Rp128 ribu perkilogram.

Pedagang cabe di pasar Horas, Lisbet (45) mengatakan, pengecer juga bingung agen menaikkan harga penjualan dengan alasan produksi petani mengalami penurunan.

Padahal akhir Juni kemarin, setelah sempat naik menjadi Rp100 ribu perkilogram, harga di tingkat pengecer sudah turun sepekan kemudian menjadi Rp90 ribu. Namun, belakangan ini naik lagi bahkan di atas Rp100 ribu perkilogram.

“Kemarin sudah sempat turun, beberapa hari ini naik lagi bahkan menjadi di atas Rp100 ribu sudah Rp130 ribu. Jika turun pun menjadi Rp128 ribu perkilogram,” ujar Lisbet.

Sebelumnya, petani cabe di Kecamatan Silimakuta mengaku jika kenaikan harga cabe dipengaruhi tingginya harga pupuk, sehingga petani mengurangi penggunaan pupuk dan berdampak pada penurunan produksi. (ricky fh)

0 comment
2

Related Post

Leave a Comment