Home Lifestyle Gagal Fokus Ketika Belajar Daring, Simak 8 Tips Mengatasinya

Gagal Fokus Ketika Belajar Daring, Simak 8 Tips Mengatasinya

by Slyika

Demi memutus mata Rantai Covid-19, sampai saat ini pemerintah masih memberlakukan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi pelajar dan mahasiswa. Gak terasa hampir satu tahun lamanya belajar dilakukansecara virtual tanpa ada aktivitas fisik dan tatap muka. Alih-alih merasa senang, bagi sebagian orang terlalu lama belajar di rumah justru membuat jenuh.

Tapi jangan khawatir, berikut beberapa tips yang bisa dicoba supaya kegiatan belajar daring kamu menyenangkan.

  1. Cari Tempat dan Suasana yang Nyaman

Balkon, teras atau taman rumah bisa jadi alternatif tempat untuk belajar kalau kamu mulai bosan belajar di dalam kamar. Tapi jangan lupa, kebersihan dan kerapihan kamar serta area tersebut harus diperhatikan. Tujuannya supaya kamu lebih fokus. Untuk merubah suasana, kamu juga bisa mengubah tata letak perabotan yang ada di dalam kamar atau mendekor meja belajar supaya kamu bisa lebih semangat belajar.

2. Singkirkan Semua Hal yang Bisa Bikin Salfok alias salah fokus

Gangguan saat belajar bisa datang darimana saja. Adik yang menangis, binatang peliharaan tiba-tiba muncul mengajak main, suara radio atau tv, semua bisa bikin salfok. Maka itu sebelum mulai pembelajaran daring, ada baiknya meminimalisir segala gangguan.

3. Jangan Lewatkan Sarapan

Saat pandemı seperti ini, tubuh sangat memerlukan asupan makanan bernutrisi dan penuh gizi supaya imun tetap ada di level tertinggi. Jadi alangkah baiknya sebelum mulai daring, sarapan 4 sehat 5 sempurna dulu ya. Jangan lupa juga siapkan aneka cemilan sehat untuk menemani selama belajar atau membuat tugas.

4. Menyiapkan Fasilitas

Jangan sampai lupa isi kuota atau memastikan jaringan wifi terkoneksi dengan baik ya. Pastikan juga kelengkapan penunjang belajar sudah lengkap seperti buku dan alat tulis.

5. Mencatat Materi Pelajaran Semenarik mungkin

Selain rapi, catatan yang dibuat secara kreatif juga bisa menambah daya ingat tentang materi yang dipelajari. Gunakan alat tulis berwarna untuk mencatat materi pelajaran yang penting supaya gampang diingat. Memberi gambar atau stiker juga bisa membuat catatan kita semakin menarik dan pastinya menambah semangat belajar.

6. Mendengarkan Musik

Bagi sebagian orang, mendengarkan musik sambil belajar bisa membantu memperbaiki suasana hati. Musik dapat meningkatkan kadar dopamin yang bisa meningkatkan perasaan senang dan bahagia sehingga mengurangi stres dan kecemasan akibat meningkatkan kadar kartisol pada otak.

7. Ajak Teman Belajar

Belajar berdua atau beramai-ramai dengan teman tentu lebih seru. Selain bertukar wawasan, obrolan ringan sama teman-teman melalui aplikasi canggih seperti Whatsapp, Zoom, Google Meet, Line atau Skype juga bisa mengurangi rasa bosan di rumah.

8. Relaks dan Istirahat Cukup

Tubuh pasti pegal dan capek sehabis melakukan aktivitas monoton di depan layar laptop atau hape selama belajar daring. Setelah pembelajaran selesai, kamu harus mengistirahatkan tubuh. Selain rebahan di kasur, yoga dan meditasi juga bisa membantu kamu jadi relaks. Belajar dengan kondisi tubuh prima pastinya akan membuat kamu semakin cepat menangkap materi pelajaran yang diberikan.

You may also like

Leave a Comment