Kasal Laksamana Yudo : TNI AL Vaksin ABK Kapal Secara  Ship to Ship

by Slyika
JAKARTA – TNI Angkatan Laut (TNI AL) akan mendatangi para ABK Kapal yang sedang lego jangkar (ship to ship) menggunakan KAL maupun kapal-kapal dari perhubungan yang akan bersama-sama untuk memvaksinasi ABK yang ada disana, karena sesuai ketentuan para ABK kapal ini tidak bisa meninggalkan kapal saat lego jangkar maupun operasi.  Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., saat mendampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada kegiatan serbuan vaksin masyarakat maritim yang dilaksanakan Korps Marinir (Kormar) TNI AL di Pelabuhan Eksekutif Merak, Provinsi Banten. Selasa (27/7).
Satu Kapal Angkatan Laut (KAL), 1 Patroli Keamanan Maritim (Patkamla), 3 Kapal Patroli Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) serta 5 unit perahu karet Korps Marinir TNI AL diperbantukan dalam misi ini untuk mendatangi kapal-kapal yang sedang lego jangkar.
Menurut Kasal kegiatan vaksinasi merupakan program TNI AL yang saat ini juga sudah tergelar dari Sabang sampai Merauke dengan sasaran Pelabuhan-pelabuhan, Pelabuhan perikanan, masyarakat pesisir, terpencil dan juga kapal-kapal yang sedang beroperasi. Vaksinasi ini akan terus dilakukan dengan pengerahan personel dan seluruh kekuatan yang ada, apalagi saat ini Cilegon baru tervaksin sekitar 18 persen.
“Nantinya akan kita lanjutkan, tidak disini saja, dengan mengerahkan personel TNI AL, gabungan Marinir dengan TNI – Polri dan juga KKP serta Koarmada I dan Lantamal, karena disini baru 18 persen,” ungkap Kasal.
Sementara itu, Menhub dihadapan awak media menyatakan bahwa serbuan vaksin yang dilakukan oleh TNI AL adalah satu contoh yang baik dimana pelaksanaan sangat perfect. Presiden RI telah menyarankan Kepada Kementerian dan Lembaga untuk melaksanakan intensifikasi vaksinasi. Menurut Menhub Cilegon sebagai daerah merah baru tervaksin sekitar 18 persen sehingga harus ditingkatkan paling tidak menjadi 60 persen.
Menhan mengajak TNI AL dan institusi lainnya untuk masuk ke daerah-daerah simpul-simpul transportasi. Hal ini penting karena menjadi perlintasan masyarakat dari satu tempat ke tempat yang lain. “Saya mengucapkan Terimakasih kepada Kasal yang secara intensif telah melakukan kegiatan ini. Dan yang lebih luar biasa adalah kegiatan vaksinasi juga dilaksanakan dari kapal ke kapal ship to ship sehingga awak-awak kapal ini nantinya tervaksinasi semuanya.
Serbuan vaksin masyarakat maritim ini bertujuan untuk membantu Pemerintah mencegah penyebaran Covid-19 dengan melaksanakan vaksin Covid-19 secara massal dengan target 1 juta sehari. Totalitas TNI AL dalam memerangi Covid-19 diwujudkan dengan mengerahkan seluruh Sumber Daya Manusia dan Alutsista yang memungkinkan untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19 sesuai instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.
Vaksinator dikerahkan dalam serbuan kali ini berjumlah 60 orang yang terdiri dari Dinas Kesehatan Korps Marinir, RSAL Marinir Cilandak, Batalyon Kesehatan 1 Marinir Jakarta, Satuan Kesehatan Lanal Banten, Tenaga Kesehatan Polres Banten, Kementerian Perhubungan, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan dengan target 1.500 orang. Selain vaksin, warga juga mendapatkan bantuan sosial berupa sembako yang disiapkan Dirjen Darat dan Kemenhub sebanyak 700 paket. (abd)
0 comment
1

Related Post

Leave a Comment