Ikhlas Membantu Sangat Bermanfaat

by Slyika

Setiap saat kita mempunyai kesempatan untuk membantu siapa saja. Aktivitas positif itu dapat dilakukan selama 24 jam. Saat melakukannya selalulah niatkan sebagai ibadah sehingga sama sekali tanpa beban melaksanakannya.

Tidak pernah mengharapkan balasan dari orang yang dibantu. Hanya mengharap ridho dari TUHAN.

Bantuan yang diberikan kepada setiap orang beragam. Tidak hanya materi. Semuanya disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Ada yang bisa membantu dengan tenaga yang dimilikinya. Tidak sedikit juga yang dengan pikirannya. Mencarikan solusi atas masalah yang sedang dihadapi orang lain.

Bisa juga memberikan bantuan berupa akses kepada orang lain. Baik untuk kepentingan sosial, bisnis, maupun yang lain.

Wujud bantuan yang lain adalah meminjamkan barang-barang yang dimiliki kepada mereka yang membutuhkannya. Mengenai ini banyak hal yang bisa dilakukan.

Membantu Diri Sendiri
Intinya setiap saat banyak bantuan yang bisa diberikan kepada mereka yang membutuhkannya. Terpenting selalu ikhlas melakukannya.

Ingat, ketika memberikan bantuan dengan ikhlas – apapun wujudnya – pada dasarnya membantu diri sendiri dan keluarga. Sama dengan berinvestasi.

Hasil dari investasi itu dapat dirasakan baik ketika masih hidup di dunia, maupun di akhirat kelak. Sesuai dengan janji TUHAN, setiap kebaikan yang dilakukan secara ikhlas akan dibalas berkali-kali lipat. Sebagai hambahnya kita harus meyakini hal tersebut.

Sudah banyak orang yang merasakan secara langsung manfaat ikhlas memberikan bantuan. Hal itu membuat mereka menjadi ketagihan untuk selalu berbuat baik termasuk membantu mereka yang membutuhkannya.

Bahkan saat berdoa, selalu memohon kepada TUHAN agar setiap hari mendapat kesempatan membantu sesama yang membutuhkannya. Meringankan beban penderitaan orang lain.

Rasanya ada yang kurang dalam kesehariannya jika belum membantu sesama. Begitu melakukannya bahagia sekali. Kebahagiaannya melebihi yang dirasakan orang yang mendapatkan bantuan.

Karena merasa bahagia sekali dapat membantu maka secara signifikan sangat berpengaruh pada kesehatannya. Mereka yang terbiasa membantu dengan ikhlas, biasanya dirinya selalu sehat lahir batin.

Jangan Lelah
Biasakanlah untuk selalu ikhlas membantu siapa saja termasuk orang yang sebelumnya tidak dikenal. Aktivitas tersebut pasti sangat bermanfaat.

Jangan pernah lelah membantu sesama. Selagi hayat di kandung badan, lakukan berbagai aktivitas positif itu untuk meringankan beban orang lain.

Niatkan semua bantuan itu sebagai ibadah. Sepenuhnya karena TUHAN, bukan yang lain.

Semoga kita dapat terus memberikan bantuan kepada sesama. Sehingga mereka yang dibantu bebannya menjadi berkurang bahkan hilang sama sekali. Aamiin ya robbal aalamiin…

Ingat, sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat buat sesama. Mari kita secara konsisten mewujudkan hal tersebut.

Saat sedang santai di Bogor bersama keluarga, saya ucapkan selamat berusaha membantu sesama secara konsisten dengan ikhlas. Salam hormat buat keluarga.

0 comment
1

Related Post

Leave a Comment