Staf Ahli Menkumham Beri Penguatan Zona Integritas di Kanwil Sulsel

by Slyika

MAKASSAR – Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Ekonomi Lucky Agung Binarto memberikan penguatan pembangunan Zona Integritas (ZI) pada Jajaran Kanwil Kemenkumham Sulsel.

Kegiatan dilaksakan di Rutan Makassar secara luring untuk UPT di Kota Makssar dan daring UPT di luar kota (21/9/21).

Staf Ahli Lucky Agung memberi apresiasi capaian Kanwil Sulsel sebagai pembina satker di wilayah yang telah memperoleh predikat WBK.

Ia mengajak jajaran Kumham Sulsel untuk menggelorakan semangat WBK-WBBM (Wilayah Bersih dari Korupsi – Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). “Sekarang ini kita harus memberikan yang terbaik kepada masyaraka,” jelasnya.

Lucky mengingatkan untuk tidak lengah, bahwa di samping komitmen harus konsisten atas inovasi layanan yang diberikan.

Seperti layanan hot line number harus betul-betul stand by ketika dihubungi, untuk memberikan layanan informasi kepada masyarakat.

“Seluruh tim harus melakukan kerja sama, kolaborasi, komunikasi, dan sinergi. Harus kompak dan solid dalam pembangunan Zona Integritas. Predikat WBK-WBBM, tidak mungkin diraih jika hanya kepala kantor atau pokja saja yang bekerja, semua harus bersinergi, termasuk di dalamnya pegawai PPPK seperti security dan cleaning service,” ungkap Lucky.

Menutup arahannya, Lucky menyampaikan ketertarikannya mengunjungi 34 Satker Kanwil Sulsel.

Dengan harapan dapat melihat langsung pembangunan ZI di UPT dan dapat berinteraksi langsung jika ada informasi atau aspirasi yang dapat dikomunikasikan ke tingkat pusat.

Kepala Kantor Wilayah Harun Sulianto yang hadir mendampingi menyampaikan terima kasih atas kesediaan staf ahli Lucky Agung yang menyempatkan diri berkunjung ke Sulsel dalam rangka penguatan pembangunan ZI.

Kakanwil berharap agar semua UPT di Sulsel yang diusulkan ke Tim Penilai Nasional (TPN) dapat meraih predikat WBK-WBBM.

Pada kesempatan ini, Harun memaparkan sejumlah capaian yang telah diperoleh Kalwil Kumham Sulsel.

Terkait pembangunan ZI, satu satker telah meraih predikat WBBM yaitu Kantor Imigrasi Makassar, 6 satker telah memperoleh predikat WBK termasuk di dalamnya Kanwil Sulsel.

Untuk tahun 2021, telah diusulkan ke TPN 3 Satker untuk memperoleh predikat WBBM (Kanwil Sulsel, Lapas Watampone, dan Lapas Pinrang) dan 10 Satker untuk memperoleh predikat WBK (Lapas Makassar, Rutan Makassar, Bapas Makassar, Lapas Takalar, Lapas Bulukumba, Rutan Barru, Rutan Watansoppeng, Rutan Enrekang, Rutan Sidrap, dan Rutan Makale).

Pengahargaan lain yang diperoleh: Kanwil Terbaik Pertama Kinerja Pelaksana Anggaran Tahun 2020, Terbaik Pertama Penyelenggara Bantuan Hukum Kategori Sedang 2020, Kanwil dengan Nilai Kinerja Program AHU Tertinggi Kedua 2020.

Selanjutnya penghargaan dari Menkumham sebagai pendorong kabupaten/kota Peduli HAM 2019, dan Penghargaan UPT Penyelenggara Pelayanan Publik berbasis HAM 2020.

Setelah memberikan pengarahan, Lucky didamping Kakanwil Harun memantau pembinaan tahanan pada Rutan Makassar, memeriksa sampel makanan yang akan dihidangkan kepada tahanan.

Selanjutnya mencoba sejumlah inovasi Rutan Makassar seperti: BAPAU (Bebas Peredaran Uang) Layanan berupa cash less saat belanja di koperasi rutan.

Kemudian Layanan Drive Thru Penitipan Barang, SINAR (Sistem Informasi Layanan Rutan), GOCAP (Gerobak Baca Pemasyarakatan) Gerobak baca pemasyarakatan, serta memuji beberapa hasil karya buah tangan WBP. (mirza)

0 comment
1

Related Post

Leave a Comment