5 Minuman Segar yang dapat Membuat Tubuh Menjadi Bugar

by Slyika

Bugar atau kebugaran adalah kemampuan tubuh melakukan penyesuaian atau adaptasi terhadap pembebanan fisik yang diberikan kepadanya tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan.

Bugar juga dapat diartikan sebagai kondisi tubuh manusia yang mampu untuk menyesuaikan fungsi alat tubuhnya dalam batas fisiologi terhadap lingkungan dan atau kerja fisik dengan yang cukup efisien tanpa lelah secara berlebihan.

Nah, agar tubuh tetap bugar meski kesibukan melanda, berikut 5 jenis minuman yang bisa kamu buat di rumah:

Jus Buah

Jus buah adalah minuman berbahan dasar buah yang diolah dengan menggunakan blender. Jus buah sangat baik untuk kesehatan. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa buah yang diolah menjadi jus lebih mudah diserap oleh usus daripada buah yang disantap begitu saja. 

Jus buah segar lebih baik daripada jus buah instan atau kemasan. Kandungan zat-zat baiknya dijamin masih asli dan tanpa bahan pengawet.

Jamu

Jamu adalah obat tradisional berbahan alami warisan budaya yang telah diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi untuk kesehatan.

Pengertian jamu dalam Permenkes No. 003/Menkes/Per/I/2010 adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan serian (generik), atau campuran dari bahan tersebut.

Sebagian besar masyarakat mengkonsumsi jamu karena percaya memberikan manfaat yang cukup besar terhadap kesehatan baik untuk pencegahan dan pengobatan terhadap suatu penyakit maupun dalam hal menjaga kebugaran dan kecantikan dan meningkatkan stamina tubuh.

Susu

Susu adalah cairan berwarna putih yang disekresi oleh kelenjar mammae (ambing) pada binatang mamalia betina seperti sapi, kambing, atau bahkan kerbau yang diperoleh dengan cara pemerahan sebagai bahan makanan dan sumber gizi. 

Susu merupakan bahan makanan yang bergizi tinggi karena di dalam susu segar mengandung berbagai zat makanan lengkap dan seimbang seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin.

Kopi

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. 

Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica). Untuk kombinasinya, kopi dapat dicampur dengan susu dan bahan minuman segar lainnya sesuai selera.

Teh

Teh adalah minuman yang mengandung kafeina, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman camellia sinensis dengan air panas.

Teh yang berasal dari tanaman teh dibagi menjadi empat kelompok: teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih. Nah, bagi Anda yang penasaran silahkan coba ya. (berbagai sumber)

0 comment
1

Related Post

Leave a Comment