Home Berita Postingan Bupati Radiapoh Soal Sapi Terjangkit PMK Aman Dikonsumsi Tetiba Menghilang 

Postingan Bupati Radiapoh Soal Sapi Terjangkit PMK Aman Dikonsumsi Tetiba Menghilang 

by Slyika

SIMALUNGUN – Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga mengatakan, warganya yang akan melaksanakan ibadah qurban tidak perlu khawatir atau was-was tentang penyebaran Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) pada hewan ternak sapi.

Menurut paramedis atau dokter hewan, kata dia, PMK tidak menular kepada manusia dan aman dikonsumsi.

Pernyataan bupati itu diperoleh dari akun facebook (FB) Pemkab Simalungun yang disampaikannya saat meninjau ternak sapi warga yang terjangkit PMK di dusun 4 desa Silulu, Kecamatan Gunung Malela, Sabtu (25/6/22).

Namun, selang beberapa waktu pernyataan bupati Simalungun tersebut sudah dihapus dari akun FB Pemkab Simalungun.

Dalam kunjungannya yang didampingi ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani, Bupati Radiapoh mengatakan, meski tidak perlu was-was namun diperlukan penanganan pada hewan ternak yang mengalami gejala PMK.

“Ini masih tanggal 25 Juni 2022, masih ada waktu melakukan penanganan pada hewan ternak sapi yang terjangkit dan akan di qurbankan,” ujar Radiapoh.

Hanya saja di perlukan penangan yang baik pada hewan ternak yang mengalami gejala PMK.

“Ini tanggal 25 Juni, masih ada waktu memberikan penanganan pada hewan ternak yang akan terjangkit dan yang akan di qurbankan,” lanjut bupati menambahkan.

“PMK pada hewan ternak ini, menurut para medis atau dokter hewan, ini (PMK) tidak menular kepada manusia dan aman untuk di konsumsi,”tutur bupati lagi.

Pemkab Simalungun menurutnya melalui Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Perikanan (Hapangnaker) sudah melakukan penganan dan melaporkan ke instansi terkait Provinsi Sumatera Utara agar segera mendistibusikan vaksin untuk penanganan PMK.

Menurutnya kedatangan ke Kecamatan Gunung Malela untuk melihat langsung fan menanggapi adanya informasi ternak milik salah seorang warga ibu Samsiah hampir 50% ternak sapinya terjangkit PMK.

Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani berharap pemerintah daerah memberikan perhatian serius menangani PMK pada ternak warga sehingga tidak meluas penularannya.

Sementara itu, kepala Dinas Kominfo Pemkab Simalungun, SML Simangunsong yang dikonfirmasi menyampaikan terima kasih atas koreksi yang disampaikan media soal dagin sapi terjangkit PMK aman dikonsumsi. Ke depan, pihaknya akan lebih teliti lagi.

“Terima kasih atas koreksinya, ke depan kami akan lebih teliti lagi,” ujar Simangunsong. (ricky fh)

You may also like

Leave a Comment