Home Opini Saat Semua Orang Berdiri Mendengarkan dan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya di Yogyakarta International Airport

Saat Semua Orang Berdiri Mendengarkan dan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya di Yogyakarta International Airport

by Slyika

Minggu pagi, 7 Agustus 2022, pukul 10.00 WIB, semua orang yang berada di Yogyakarta International Airport (YAI) Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan sikap sempurna berdiri.

Mereka bersama-sama mendengarkan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Pada waktu bersamaan seluruh aktivitas dihentikan sementara.

Saya yang sedang berada di resto Solaria dekat ruang tunggu 1A sempat kaget. Selama ini tidak pernah menyaksikan aktivitas serupa di puluhan bandara lainnya di Indonesia yang pernah saya datangi.

Seketika itu juga saya ikut berdiri dan menyanyi. Beberapa calon penumpang memvideokan momen itu.

Beberapa saat sebelum kegiatan tersebut, lewat pengeras suara seorang petugas menyampaikan pengumuman.

Memohon semua aktivitas dihentikan sejenak guna mendengarkan lagu Indonesia Raya bersama-sama.

Sementara di landasan pacu baru mendarat pesawat Batik Air dari Jakarta. Langsung “menempel” ke garbarata di dekat pintu keberangkatan 1A.

Terasa Khidmat
Lagu Indonesia Raya dikumandangkan hanya beberapa menit. Meski begitu suasananya terasa khidmat. Apalagi sebagian orang yang berdiri itu ikut bernyanyi.

Selesai lagu Indonesia Raya dikumandangkan, tanpa ada instruksi dari petugas, mereka yang ada di YAI kembali melanjutkan aktivitasnya.

Saya yang baru beberapa kali menginjakkan kaki di YAI, baik saat tiba maupun berangkat, baru kali ini merasakan hal tersebut.

Meski sebelumnya pernah mendapat info bahwa Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta membuat kebijakan itu.

Setelah saya cari di internet, baru dapat informasi yang jelas. Ternyata Kebijakan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X tersebut telah berlaku sejak 20 Mei 2021.

Melalui Surat Edaran Nomor 29/SE/V/2021 tentang ‘Memperdengarkan Lagu Indonesia Raya’ Sultan HB X mewajibkan semua ruang publik di daerahnya memutar lagu kebangsaan Indonesia Raya tiap hari pukul 10.00 WIB.

Tujuan menyanyikan lagu kebangsaaan secara bersama tersebut adalah untuk meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat Yogyakarta.

Gerakan Indonesia Raya Bergema tersebut diinisiasi sejumlah elemen masyarakat di Yogyakarta yang tergabung dalam Forum Rakyat Yogya Untuk Indonesia (For You Indonesia) bersama Pemda DIY, Keraton Yogyakarta, serta Kadipaten Pakualaman sebagai sarana kampanye berkelanjutan menggelorakan nasionalisme.

Bangkitkan Cinta Tanah Air
Meski baru kali ini merasakan langsung mendengarkan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di YAI, namun menurut saya aktivitas yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit ini sangat positif. Kegiatan ini sedikit banyak dapat membangkitkan rasa cinta Tanah Air Indonesia.

Hal positif lainnya yang saya rasakan selama di YAI yakni semua pengumuman yang disampaikan petugas dengan pengeras suara menggunakan tiga bahasa: Indonesia, Inggris, dan Jawa.

Kearifan lokalnya tetap dipertahankan. bahasa Jawa disejajarkan dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

“Pengumuman pakai bahasa Jawa di Bandara Adisutjipto Yogyakarta dan kemudian dilaksanakan di YAI Kulonprogo awalnya pada Agustus 2017.

Sengaja itu dilakukan untuk menonjolkan ciri khas Yogyakarta,” ungkap General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto dan YIA Marsma TNI Agus Pandu Purnama. Alhamdulillah…

Semoga semua hal positif di YIA dapat dicontoh pengelola bandara lainnya di Indonesia. Aamiin ya robbal aalamiin…

Dari YAI Kulonprogo saya ucapkan selamat berusaha meneladani semua hal positif. Salam hormat buat keluarga.

Dr Aqua Dwipayana
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional

 

You may also like

Leave a Comment