Mereka Mundur Teratur Begitu Tahu Tidak Terima Uang saat Sharing Komunikasi dan Motivasi di TNI dan Polri

by Slyika

BOGOR Selama belasan tahun saya berkiprah di lingkungan TNI dan Polri, terutama melaksanakan kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi, banyak teman yang menyampaikan keinginannya untuk ikut serta. Mereka ingin melakukan hal yang sama.

Mereka melihat semua yang saya lakukan di lingkungan TNI dan Polri nyaman sekali dan sangat menyenangkan. Areanya luas, mulai dari Aceh sampai Papua. Bahkan hingga ke luar negeri.

Selain itu nyaris tidak pernah berhenti. Karena banyaknya satuan di dua institusi itu yang harus didatangi. Banyak komandannya yang ingin jajarannya dimotivasi karena terkait erat dengan kinerja di satuan yang dipimpinnya. Juga untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mereka.

Begitu banyak dan luasnya area tersebut sehingga sering terjadi waktu yang ada terasa kurang. Tidak jarang undangan yang saya terima waktunya bersamaan.

Harus ada yang mengalah. Menunggu giliran berikutnya. Karena tidak mungkin dalam waktu bersamaan melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di dua tempat atau lebih.

Syukurnya para komandan satuan memahami itu. Ada yang mengalah. Memprioritaskan yang lain terutama mereka yang lebih dulu mengirimkan undangan kepada saya.

Selama Sharing Komunikasi dan Motivasi di lingkungan TNI dan Polri termasuk diikuti para istri yang tergabung di Dharma Pertiwi dan Bhayangkari, saya banyak belajar dari seluruh yang hadir. Mereka mulai dari tamtama, bintara, perwira pertama, perwira menengah, hingga perwira tinggi termasuk bintang empat.

Kebiasaan Memberikan Hadiah
Berbagai nilai-nilai saya peroleh dari mereka. Semuanya terangkum dalam Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, Tribrata, dan Catur Prasetya. Kelima hal itu jika dilaksanakan secara konsisten dengan niat sepenuhnya ibadah, akan mendapat kebahagiaan yang hakikih dan komprehensif baik di dunia maupun akhirat.

Saat Sharing Komunikasi dan Motivasi serta berinteraksi dengan para prajurit TNI dan Polri di semua level, seluruh pembelajaran yang saya peroleh sangat bermanfaat. Sebagai bekal hidup termasuk untuk dibagikan kepada banyak orang.

Begitu banyaknya pembelajaran yang saya peroleh dari teman-teman di TNI dan Polri, sehingga sumbangsih saya selama ini yang kecil pada dua institusi besar itu tidak ada artinya. Insya ALLAH saya terus belajar pada mereka.

Kembali kepada teman-teman yang menyatakan ingin ikut Sharing Komunikasi dan Motivasi di lingkungan TNI dan Polri. Saya mempersilakannya. Bahkan senang sekali jika ada teman yang bisa melakukannya bersama-sama.

Sebelum melaksanakannya, saya lebih dulu memberitahu kondisinya. Selama ini saya meniatkannya ibadah, sepenuhnya karena TUHAN.

Artinya setiap Sharing Komunikasi dan Motivasi saya tidak mau diberi uang. Bahkan sering untuk akomodasi dan transportasi menggunakan uang pribadi.

Tidak hanya itu, saat Sharing Komunikasi dan Motivasi di lingkungan TNI dan Polri, kebiasaan saya memberikan hadiah kepada yang hadir. Mulai dari buku, sejumlah uang, jalan-jalan ke berbagai objek wisata di Indonesia, hingga umrah. Total nilainya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Mereka yang mendapat hadiah sebagian besar tidak saya kenal. Jadi memberinya mengalir saja sesuai “petunjuk” TUHAN. Semua rezeki itu dariNYA. Saya hanya bertugas membagi-bagikan kepada orang-orang yang terpilih untuk menerimanya.

Selama ini saya sangat bersyukur bisa melakukan semua itu. Apalagi saat melihat wajah-wajah gembira para penerima hadiahnya. Rasa syukur dan kebahagiaan itu makin bertambah.

Menunjukkan Kualitasnya
Setelah mendengarkan semua yang saya sampaikan terkait Sharing Komunikasi dan Motivasi di lingkungan TNI dan Polri, mereka yang semula mau ikut kegiatan itu satu-persatu mundur teratur. Terutama yang lebih dulu mengundurkan diri adalah yang ingin mendapatkan uang dari aktivitas itu.

Mereka sama sekali tidak menyangka yang selama ini saya lakukan di lingkungan TNI dan Polri. Mereka mengatakan belum sampai ke sana pengabdiannya.

“Pak Aqua, mohon maaf saya tidak jadi ikut Sharing Komunikasi dan Motivasi di TNI dan Polri. Saya belum mampu melakukan seperti yang bapak laksanakan. Tidak terima uang tapi malah keluar banyak uang,” kata mereka senada.

Di antara mereka ada juga yang pendidikannya S3. Namun sampai sekarang mereka masih berharap mendapatkan materi dari jasa yang diberikannya. Bukan sebaliknya.

Saya menghargai mereka. Itu adalah sikap masing-masing orang. Sekaligus secara langsung menunjukkan kualitasnya.

Meski sampai sekarang belum ketemu orang yang mau berkorban di lingkungan TNI dan Polri seperti yang telah belasan tahun saya lakukan, aktivitas mulia yang menyenangkan ini insya ALLAH terus saya laksanakan dengan penuh suka cita. Saya sangat bersyukur bisa konsisten melakukannya. Alhamdulillah.

Semoga TUHAN memudahkan dan memperlancar semua pengabdian kita di bidang masing-masing. Aamiin ya robbal aalamiin.

Dr Aqua Dwipayana

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional

0 comment
1

Related Post

Leave a Comment