5 Serangga yang Kerap Bikin Manusia Bergidik

by Slyika

Nyamuk

Nyamuk adalah hewan golongan serangga yang termasuk dalam ordo Diptera, dan tergolong dalam famili Culicidae. Nyamuk mempunyai dua sayap bersisik, tubuh yang langsing, dan enam kaki panjang.

Dalam bahasa Inggris, nyamuk dikenal sebagai “mosquito“, berasal dari sebuah kata dalam bahasa Spanyol atau Portugis yang berarti lalat kecil. Penggunaan kata mosquito bermula sejak tahun 1583 Di Britania Raya, nyamuk juga dikenal sebagai gnats.

Kecoa

Kecoa, lipas, atau coro adalah salah satu ordo serangga hemimetabola yang berasal dari kelas Insecta. Ordo ini terdiri dari 4000 spesies, 2 superfamili, dan 6 famili. Kecoak terdapat hampir di seluruh belahan bumi, kecuali di wilayah kutub. Kecoa memiliki hubungan dekat dengan belalang sentadu dan rayap.

Tikus

Tikus adalah salah satu famili hewan pengerat dari ordo Rodentia. Spesies tikus yang paling dikenal adalah mencit serta tikus got yang ditemukan hampir di semua negara dan merupakan suatu organisme model yang penting dalam biologi; juga merupakan hewan peliharaan yang populer.

Cicak

Cecak atau cicak adalah hewan reptil yang biasa merayap di dinding atau pohon. Cecak berwarna abu-abu, tetapi ada pula yang berwarna coklat kehitam-hitaman.

Cecak biasanya berukuran sekitar 10 centimeter. Cecak bersama dengan tokek dan sebangsanya tergolong ke dalam suku Gekkonidae. Naskah/Foto:Berbagai Sumber/Ist 

Siput

Siput adalah nama umum yang diberikan untuk anggota kelas moluska Gastropoda. Dalam arti sempit, “siput” adalah gastropoda yang memiliki cangkang bergelung pada tahap dewasa.

Dalam arti luas, yang juga menjadi makna “Gastropoda”, mencakup siput dan siput telanjang.

Siput dapat ditemukan pada berbagai lingkungan yang berbeda: dari parit hingga gurun, bahkan hingga laut yang sangat dalam.

0 comment
2

Related Post

Leave a Comment