Home Lifestyle One, Album Perdana Jinan Laetitia Merangkum Perjalanan Pencarian Jati Diri 

One, Album Perdana Jinan Laetitia Merangkum Perjalanan Pencarian Jati Diri 

by Slyika

Jinan Laetitia musisi pop dengan gaya eksentrik asal Bogor merilis album perdana berjudul ‘One’. Di album ini Jinan bercerita mengenai lika-liku pencarian jati diri.

“Pesan utama dari album ini adalah dalam hidup kita bisa ketemu berbagai situasi berbeda yang memerlukan sisi diri kita yang berbeda. Wherever life takes you, stay true to yourself. Jangan takut ditolak atau digantikan, karena diri kita cuma ada satu. Kita harus mengenal diri kita agar orang lain gak akan bisa mendikte siapa kita,” ujar Jinan dalam siaran pers tertulis yang diterima beritaind.com.

‘One’ memiliki total 10 lagu ciptaan Jinan dimana 4 di antaranya merupakan lagu baru.

Sementara 6 lagu sudah dirilis bertahap sejak tahun 2021. Enam tracks dirilis Jinan dengan cara yang tidak biasa yakni mengeluarkan double-tracks yang dirilis berdekatan.

Sebanyak 4 lagu barunya antara lain ‘Vanilla’, ‘Leave’, ‘Why Should I?’, ‘Unromantic’. Semua lagu merupakan lagu berbahasa inggris.

Tema yang diambil dari setiap lagu Jinan pun memiliki makna filosofis. Single ‘Forgive’ dan Picture atau ‘The Picture’ misalnya, ia mengeksplorasi tema refleksi perjalanan diri (‘self’).

Sementara ‘Mannequin’ dan Timeless’ feat Pamungkas atau ‘The More’ mengambil tema tidak memperdulikan pandangan orang lain terhadap dirinya.

Di bulan Februari dan Maret 2022, Jinan mengeluarkan ‘Welcome Back’ dan ‘Favorite’ yang merupakan refleksi kontras antara self-love dan self-loathing

Sementara ‘Vanilla’ yang menjadi focusing track dari album ‘One’ menginterpretasikan tantangan dalam kehidupan jika dilihat dengan kacamata yang menyenangkan (fun).

Berdurasi 02:37 menit ketukan perkusi mendominasi dari awal lagu memberikan kesan quirky. 

“Dengan kehidupan dan semua kerumitannya, yang terbaik adalah menganggapnya tidak terlalu serius, with a hint of flavor.”kata mahasiswi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB ini.

Keunikan dari sisi musikalitas yang ‘nyeleneh serta dikemas dengan penampilan yang juga unik, itulah yang menjadi pembeda musik Jinan di industri musik Indonesia.

Official Music Video Vanilla yang tayang di hari yang sama dengan waktu dirilisnya album semakin menegaskan kekhasan dirinya. Di video itu Jinan mengenakan kostum selayaknya seorang ratu. 

“Konsep video-video di album ini kayak alternate dimensions. Hal ini berkaitan sama perjalanan mencari jati diri. Karena menurutku kemanapun kita pergi, we cannot run away from our fate. Different worlds but the same story.”

Untuk album ‘One’ Jinan menulis 9 dari 10 lagu. ‘Timeless’ menjadi satu-satunya lagu yang ia ciptakan bersama dengan Pamungkas.

Sementara produser dari lagu-lagu album ini digarap oleh Jinan bersama Osvaldorio. 

Jinan melanjutkan, secara keseluruhan proses penggarapan album ini memakan waktu hingga 2 tahun.

“Aku berharap ‘One’ bisa jadi teman kamu untuk membangun diri kamu sendiri setiap hari. I hope when you’re sad, it comforts you, and when you’re happy it celebrates you.”tutup Jinan.

Di bulan Juni Jinan juga akan mengadakan in-app virtual concert berkolaborasi dengan Lokapala, game lokal Indonesia.

Ini merupakan kolaborasi kedua, setelah Lokapala merilis karakter skin Jinan dari Ksatriya Vyana di tahun 2021

Sehari sebelum merilis album, Jinan juga mengadakan pre-release listening party di Discord.

Jinan Nation, sebutan untuk fans Jinan, berkumpul untuk menjadi orang pertama yang mendengarkan keseluruhan lagu juga menonton official music video ‘Vanilla’. 

10 lagu dari ‘One’ sudah dapat dinikmati di seluruh digital streaming platforms di Indonesia. Official Music Video ‘Vanilla’ dapat ditonton di kanal youtube Jinan Laetitia.

Sebelum bergabung dengan label rekaman Warner Music Indonesia, Jinan secara independen sudah melepas enam lagu dan mendapatkan apresiasi dari berbagai pendengar di negara seperti Singapura, Taiwan, serta Amerika Serikat.

Beberapa lagu Jinan terdahulu mendapatkan respon positif dari penggemarnya seperti ‘Timeless’ yang sudah distream di Spotify lebih dari 284 ribu dan Picturedengan jumlah streams 180 ribu. (mirza)



You may also like

Leave a Comment