Home Ekonomi Komisi IV DPR Dukung Penuh Ekspor Pertanian Sulawesi Utara

Komisi IV DPR Dukung Penuh Ekspor Pertanian Sulawesi Utara

by Slyika

MANADO – Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil Harahap mendampingi Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Hasan Aminuddin beserta rombongan melihat langsung proses layanan di Karantina Pertanian Manado Wilayah Kerja Pelabuhan Laut Bitung, Sabtu (10/04/21).

Setibanya pukul 13.00 Wita, rombongan langsung diajak melihat beberapa layanan inovasi yang sudah diterapkan demi mempercepat proses penerbitan sertifikat karantina.

Disamping itu rombongan juga diajak melihat beberapa display produk ekspor asal Sulut dan dipandu langsung oleh Donni Muksydayan, Kepala Karantina Manado.

Pelabuhan Laut Bitung merupakan pelabuhan Internasional yang menjadi pusat pintu perdagangan di beberapa Wilayah Indonesia Timur dan sebagian besar Komoditas Ekspor diberangkatkan langsung  melalui pelabuhan tersebut.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Hasan dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja Karantina Pertanian Manado dalam upaya peningkatan layanan operasional termasuk dalam mendukung ekspor yang terbukti tumbuh sangat pesat melalui program Gratieks (gerakan tiga kali lipat ekspor) tentu membawa dampak baik terhadap perekonomian daerah.

“Tercatat dari sistem Iqfast, total nilai ekonomi komoditas Pertanian Sulut yang berhasil diekspor Triwulan Pertama priode 2021 mencapai Rp1,3 trilun naik 170% dibanding tahun sebelumnya dengan periode yang sama hanya mencapai Rp500 miliar,” jelasnya.

“Saya juga mengapresiasi penuh terhadap kinerja layanan Karantina Pertanian Manado yang dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan,” jelasnya lagi. (rls)

You may also like

Leave a Comment