Terbiasa Berbuat Baik Harus Yakin Mendapatkan Balasan Terbaik

by Slyika

Membaca tulisan Dr Aqua Dwipayana yang berjudul “Layanan Mengesankan Setulus Hati di Pizza Hut Khatib Sulaiman Padang” dengan kejutan yang bertubi-tubi menjelang buka puasa, menarik untuk diulas.

Apalagi saat itu TUHAN mengirimkan empat  “malaikat” yang wujudnya manusia. Mereka adalah Ahsanunnas, Laila Ikhro, Deby Ramadhani, dan Silvia.

Kebaikan seseorang yang senantiasa diberikan kepada siapa saja dengan ikhlas, tentunya TUHAN melalui alam semesta akan merespon hal yang minimal sama dengan kebaikan yang telah diberikan. Bahkan sering terjadi lebih banyak lagi dari itu.

Dalam kehidupan bermasyarakat, melakukan perbuatan baik merupakan rumus baku yang seharusnya dilakukan oleh siapa saja kepada setiap orang. Namun terkadang dengan dalih tertentu, ada orang yang justru melakukan tindakan sebaliknya.

Hal tersebut didasarkan pada banyak alasan. Tentu saja melakukan perbuatan tidak baik kepada siapapun, bukanlah merupakan ajaran yang diberikan oleh agama atau kepercayaan manapun di dunia ini.

Kembali ke laptop, eh kembali ke kondisi yang dialami Dr Aqua seperti tulisan di atas. Merupakan hal yang teramat lazim (untuk ukuran saya) bagi beliau.

Mengingat Pak Aqua  selama ini – telah sejak lama – selalu menebar kebaikan kepada siapa saja dan di mana saja. Baik kepada orang yang dikenal maupun tidak beliau kenal sama sekali.

Itu sesuai dengan amanah kedua orangtuanya yang dipegang teguh dan konsisten dilaksanakan. Mereka adalah almarhum Bapak Syaifuddin dan almarhumah Ibu Asmi Samad.

Membantu Tanpa Melihat SARA
Pesan keduanya kepada Pak Aqua dan keempat saudara kandungnya di manapun berada agar membantu siapa saja yang membutuhkan bantuan. Melakukan itu tanpa melihat latar belakangnya termasuk suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Beliau dengan ringan hati tanpa berfikir ulang, amat sangat banyak melakukan kebaikan kepada siapapun. Sehingga TUHAN pun menggerakkan hati orang lain untuk melakukan hal yang sama kepada beliau melalui siapa saja yang ditemuinya. Salah satunya kejadian di resto Pizza Hut itu.

Salah satu keyakinan Pak Aqua selama ini adalah ketika berbuat baik dengan ikhlas sama dengan menabung. Tabungannya sewaktu-waktu akan keluar jika dibutuhkan. Hitungan bisa detik, menit, dan jam.

Kebaikan yang diterimanya sumbernya tidak disangka-sangka. Dari berbagai penjuru mata angin. Hal seperti ini sering sekali dirasakan Pak Aqua.

Pengalaman tersebut membuatnya tidak pernah sedikitpun ragu untuk berbuat baik kepada siapa saja. Melakukannya dengan tulus ikhlas.

Kadang ada juga orang lain yang memanfaatkan kebaikan yang beliau lakukan. Namun jumlahnya relatif kecil dibandingkan yang merespon dengan  kebaikan pula untuk Pak Aqua.

Terus Berbagi
Saya yakin beliau tidak akan pernah berniat mengurangi kebaikannya kepada banyak orang. Apalagi itu sudah menjadi tekadnya. Semenjak memutuskan hanya memilih TUHAN sebagai satu-satunya atasan beliau. Itu terjadi sejak akhir 2005. Jadi sudah sekitar 16 tahun yang lalu.

Berbagai kebaikan yang beliau lakukan akhirnya mampu menciptakan lingkungan kebaikan untuk orang lain. Pada gilirannya akan mewujudkan harmonisasi kehidupan di masyarakat luas.

Kami sekeluarga selalu mendoakan agar Dr. Aqua Dwipayana beserta keluarga (Bu Retno Setiasih, Mbak Alira Vania Putri Dwipayana dan Mas Savero Karamiveta Dwipayana) senantiasa diberikan limpahan nikmat sehat, semangat, dan kebahagiaan oleh TUHAN, karena kehadiran beliau sekeluarga senantiasa dibutuhkan oleh banyak orang baik di dalam maupun luar negeri.

Salam hormat saya, istri Erna Susanti, dan kedua anak kami: Erika Kartika Fitrianasari dan Muhammad Ricko Nugroho untuk Pak Aqua sekeluarga.

Terima kasih karena tidak pernah lelah dan terus berbagi ilmu kehidupan yang mahal harganya bagi banyak orang.

Izinkan saya menulis pantun sebagai penutup tulisan ini:

Berdoa untuk Sang Khalik.
Dilakukan dengan sesungguhnya.

Pak Aqua selalu berbuat baik.
Menciptakan lingkungan kebaikan juga bagi siapa saja.

Joko Sudarmawan

Manajer Administrasi Penjualan Kantor Regional Pos 8 Bali Nusra

0 comment
1

Related Post

Leave a Comment