Kembali ke Papua dengan Keyakinan Dapat Banyak Cerita Menarik

by Slyika

Sejak 1991 – waktu itu masih kuliah – sampai sekarang, saya sudah bolak-balik ke Papua. Jumlahnya mencapai puluhan kali. Dengan berbagai urusan, baik pribadi maupun untuk kegiatan yang terkait banyak orang.

Meski penerbangan dari Jakarta ke Papua, baik langsung maupun transit, biasanya di Makassar – butuh waktu lama, sedikitnya lima jam – namun saya selalu menikmatinya. Termasuk saat ini.

Pukul 03.00 dini hari tadi, berangkatnya telat sekitar 30 menit, naik Garuda Indonesia GA 654 dari Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, saya menuju Timika, Mimika, Papua. Setelah terbang sekitar 2 jam, pesawatnya transit di Bandara Hasanuddin Makassar di Maros, Sulawesi Selatan.

Kali ini agenda utama saya ke Papua adalah terkait dengan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang secara resmi telah dibuka Presiden Joko Widodo pada Sabtu malam, 2 Oktober 2021 lalu di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura. Akan berlangsung sampai Jumat, 15 Oktober 2021.

PON XX Papua 2021 mempertandingkan 37 cabang olahraga (cabor). Tersebar di empat klaster penyelenggara, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Niatkan Banyak Belajar
Dikutip dari kompas.com, pesta olahraga nasional ke-20 ini memiliki kuota peserta sebanyak 7.039 atlet dan 3.576 ofisial. Mereka akan bersaing memperebutkan total 2.239 medali yang telah disiapkan.

Berikut fakta penyelenggaraan PON XX Papua 2021 dalam angka:

4 – Klaster (kota/kabupaten penyelenggara).
34 – Wasit luar negeri.
37 – Cabang olahraga.
44 – Arena.
53 – Ketua panpel.
56 – Disiplin.
60 – Technical Delegate.
681 – Nomor pertandingan.
1.847 – Wasit nasional.
2.239 – Medali.
3.578 – Kuota official.
7.039 – Kuota atlet.

Kota yang pertama saya tuju adalah Timika, ibu kota Mimika. Tempat itu menjadi salah satu dari empat daerah yang menyelenggarakan PON XX Papua.

Siang ini, diperkiran pukul 11.30 WIT pesawat Garuda Indonesia yang saya naiki mendarat di Bandara Mozes Kilangin Timika. Kemudian saya bergabung dengan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman yang berangkat dari Bandara Sentani Jayapura untuk menyaksikan secara langsung berbagai pertandingan di Timika.

Saya rencananya di Papua hingga Minggu, 17 Oktober 2021. Dua hari setelah PON XX Papua ditutup.

Hampir dua minggu berada di Papua dengan agenda utama menyaksikan even olahraga terakbar di Indonesia, saya yakin mendapat banyak cerita yang menarik. Sekaligus saya niatkan banyak belajar pada semua orang yang saya temui. Aamiin ya robbal aalamiin…

Saat transit di Makassar, sebelum melanjutkan perjalanan sekitar 2 jam 45 menit menuju Timika, saya ucapkan selamat mensyukuri semua rezeki yang diperoleh. Salam hormat buat keluarga.

Dr Aqua Dwipayana
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional

0 comment
1

Related Post

Leave a Comment